ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PENJUALAN INDOMARET CABANG
MARGONDA DEPOK, JAWA BARAT
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sejalan dengan perkembangan zaman dan persaingan usaha yang semakin ketat, segala macam cara dilakukan perusahaan agar dapat bertahan. Dunia usaha berkembang mengikuti trend dan perubahan eksternalnya. Salah satu elemen lingkungan eksternal yang amat berpengaruh adalah perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang menuntun dunia usaha ke arah suatu dunia tanpa batas. Aktifitas usaha dan atau hal – hal yang berkaitan dengan dunia usaha yang terjadi di suatu tempat atau wilayah, dapat berpengaruh secara signifikan dalam ukuran waktu yang pendek terhadap dunia usaha di suatu tempat atau wilayah lainnya.
Beberapa tahun yang lalu orang berbelanja harus pergi ke pasar tradisional. Sekarang, seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi orang bisa berbelanja dengan nyaman tanpa perlu berdesak – desakkan di pasar tradisional. Tempat – tempat perbelanjaan yang ada sekarang ini seperti Hypermart, Supermarket, Alfamart, dan Indomaret sangat diminati oleh masyarakat. Selain memberikan kenyamanan, juga memberikan keamanan pada konsumen.
Banyaknya tempat perbelanjaan, seperti Hypermart,Supermarket, alfamart, dan Indomaret yang bermunculan sekarang ini, mengakibatkan persaingan yang cukup ketat diantara mereka. Masing – masing tempat perbelanjaan tersebut menawarkan banyak kelebihan, baik dari sisi kualitas pelayanan jasa yang diberikan, seperti keamanan dan kenyamanan pada konsumen, serta pelayanan karyawan pada konsumen, maupun pelayanan produk atau barang yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Indomaret adalah salah satu tempat perbelanjaan yang selalu berusaha untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen.sejalan dengan hal tersebut Indomaret berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas jasa pelayanannya. Jasa pelayanan disini adalah pelayanan penjualan yang diberikan Indomaret kepada konsumen. Seperti pelayanan keamanan dan kenyamanan pada konsumen, pelayanan karyawan pada konsumen, dan pelayanan produk atau barang yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini dilakukan dengan harapan jika konsumen merasa puas terhadap pelayanan penjualan yang diberikan Indomaret, maka konsumen akan kembali lagi pada kesempatan yang lain.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis akan melakukan penelitian ilmiah yang berjudul Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Penjualan Indomaret Cabang Margonda Depok, Jawa Barat.
Jumat, 11 Maret 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar