Rabu, 10 November 2010

Tugas Perilaku Konsumen

Model Perilaku Konsumen :

Perilaku konsumen adalah tingkah laku konsumen, dimana konsumen dapat untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi, memperbaiki dan membuat keputusan untuk menggunakan suatu produk dan jasa konsumen yang telah disediakan untuk dikonsumsi.

Sikap dan perilaku konsumen juga merupakan bagian dari konsep perilaku konsumen yang lain. Untuk mengukur sikap dan perilaku konsumen dapat dilakukan dengan model Multiatribut. Salah satu model sikap yang terkenal adalah model sikap Multiatribut Fishbein. Model sikap Fishbein ini terfokus pada prediksi sikap yang dibentuk seseorang terhadap obyek tertentu.
Model ini mengidentifikasi 3 faktor utama untuk memprediksi sikap :
 keyakinan seseorang terhadap atribut yang menonjol dari obyek.
 kekuatan keyakinan seseorang bahwa atribut memiliki atribut khas, biasanya diketahui dalam bentuk pertanyaan, misalnya, seberapa setuju bahwa obyek X memiliki atribut Y.
 evaluasi dari masing-masing keyakinan akan atribut yang menonjol, dimana diukur seberapa baik atau tidak baik keyakinan mereka terhadap atribut-atribut itu.


Model Fishbein juga memiliki 2 komponen, yaitu kompenen sikap dan komponen norma subyektif yaitu :

Komponen sikap
Kompenen ini bersifat internal individu, ia berkaitan langsung dengan obyek penelitian dan atribut-atribut langsungnya yang memiliki peranan penting dalam pengukuran perilaku, karena akan menentukan tindaka apa yang akan dilakukan, dengan tidak dipengaruhi oleh faktor eksternal.

Komponen norma subyektif
Komponen ini bersifat eksternal individu yang mempunyai pengaruh terhadap perilaku individu. Komponen ini dapat dihitung dengan cara mengkalikan antara nilai kepercayaan normatif individu terhadap atribut dengan motivasi bersetuju terhadap atribut tersebut. Kepercayaan normatif mempunyai arti sebagai suatu kuatnya keyakinan normatif seseorang terhadap atribut yang ditawarkan dalam mempengaruhi perilakunya terhadap obyek. Sedangkan motivasi bersetuju merupakan motivasi seseorang untuk bersetuju dengan atribut yang ditawarkan sebagai faktor yang berpengaruh terhadap perilakunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar