Kamis, 25 November 2010

Tugas Perilaku Konsumen 2

Startegi Targeting
Targeting :
Setelah pasar dibagi ke dalam segmen-segmen, maka perusahaan harus memutuskan Strategi Target Market untuk mencapai tujuan perusahaan.

4 Strategi Peliputan Pasar :
 Undifferentiated Targeting Strategy : Strategi ini menganggap suatu pasar sebagai satu pasar besar dengan kebutuhan yang sama, sehingga hanya ada satu bauran pemasaran yang digunakan untuk melayani semua pasar. Perusahaan mengandalkan produksi, distribusi, dan periklanan massa, guna menciptakan citra superior di mata sebagian besar konsumen.
 Differentiated Targeting Strategy : Perusahaan menghasilkan beberapa produk yang memiliki karakteristik yang berbeda. Konsumen membutuhkan variasi dan perubahan sehingga perusahaan berusaha untuk menawarkan berbagai macam produk yang bisa memenuhi variasi kebutuhan tersebut.
 Concentrated Targeting Strategy : Perusahaan lebih fokus menawarkan beberapa produk pada satu segmen yang dianggap paling potensial.
 Custom Targeting Strategy : Lebih mengarah kepada pendekatan terhadap konsumen
secara individual.

Langkah mengembangkan targeting yaitu :
 Mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen dengan menggunakan variable - variabel yang dapat mengkuantifikasi kemungkinan permintaan dari setiap segmen, biaya melayani setiap segmen, dan kesesuaian antara kompetensi inti perusahaan dan peluang pasar sasaran.
 Memilih satu atau lebih segmen sasaran yang ingin dilayani berdasarkan potensi laba segmen tersebut dan kesesuaiannya dengan strategi korporat perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar